Penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia jenjang D3 dan S1 terdiri dari beberapa jalur masuk. Setiap jalur masuk merupakan kegiatan seleksi yang akan menyaring peserta didik terbaik di Indonesia untuk menjadi mahasiswa UI, sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa penerimaan seleksi masuk UI sangat ketat dan menjadi perebeutan siswa – siswi di Indonesia oleh karena itu pelajar alumni SMA seluruh Indonesia sangat bekerja keras belajar agar dapat meraih bangku di PTN, khususnya UI, UGM, UNPAD, ITB, BRAWIJAYA, UNJ, UNDIP, dll.

Peserta Didik akademi UI Wisuda dari Universitas Indonesia

Informasi beberapa Jalur masuk jenjang D3 dan S1 PTN di indonesia, yakni:

1. Jalur Prestasi Akademik Berbasis Rapor

Jalur ini dikenal dengan jalur undangan dan sangat menjadi perebutan dalam hal mendapatkan universitas PTN di indonesia, mengingat awal mulanya penerimaan ini berdasarkan undangan yang dikirim ke sekolah. Tingginya antusias sekolah dan peserta didik di seluruh Indonesia untuk dapat mengikuti seleksi penerimaan berbasis seleksi nilai rapor ini, jalur undangan mengalami perkembangan. Pada S1 Reguler, berdasarkan data informasi dari Kemendikbud melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kesempatan untuk seluruh sekolah kurikulum nasional mengikuti jalur ini dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam kegiatan bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Penggunaan undangan ditiadakan, karena sekolah yang memiliki NPSN dan memenuhi syarat SNMPTN dapat mengisi data tanpa perlu mendapat undangan.

Program pendidikan di UI yang menampung lulusan SMA/Sederajat tidak hanya S1 Reguler, ada pula Program Vokasi, S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional. Program pendidikan tersebut juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi rapor untuk siswa kelas 12 SMA/Sederajat. Seleksi rapor untuk Program Vokasi dan S1 Paralel disebut program Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar, sedangkan seleksi rapor untuk S1 Kelas Internasional adalah Talent Scouting. Skema undangan masih digunakan, yakni mengirim surat pemberitahuan kegiatan pendaftaran ke sekolah-sekolah peserta PPKB dan Talent Scouting.

2. Jalur Ujian Tulis Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Universitas Indonesia

Peserta didik alumni SMA seluruh Indonesia memiliki kesempatan yang lain apabila bagi siswa yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar jalur prestasi akademik, misalnya ketika tidak masuk pemeringkatan prestasi akademik atau telah lulus tahun sebelumnya, peserta didik alumni SMA dapat mendaftar di jalur ujian tulis. Pembatasan tahun lulus SMA/Sederajat hanya berlaku untuk S1 Reguler (maksimal 3 tahun) dan S1 Kelas Internasional (5 tahun). Sedangkan untuk Program Vokasi dan S1 paralel menerima alumi SMA/Sederajat tanpa batasan tahun lulus SMA/Sederajat.

S1 Reguler tahun membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri SIMAK UI. Seleksi mandiri yang dimaksud disini bukanlah jalur mandiri yang penerimaannya lebih mahal. Biaya pendidikan S1 Reguler melalui SIMAK UI = biaya pendidikan S1 Reguler melalui SBMPTN = biaya pendidikan S1 Reguler melalui SNMPTN.

3. Jalur Ujian yang di selenggarakan PTN di Indonesia

Kita ketahui banyak macam jalur ujian mandiri yang di selenggarakan banyak PTN di Indonesia yang bermacam macam nama, salah satunya SIMAK UI dan beberapa ujian mandiri yang di miliki PTN di Indonesia yaitu USM ITB, SMUP UNPAD, PKM ITS, (UJIAN TULIS MANDIRI) UTUL UGM, UTM IPB, SELMA BRAWIJAYA, (UJIAN MANDIRI) UM UNAIR, UM UNDIP, UM UNJ, dll.

SIMAK UI, PASCASARJANA S2, (SPESIALIS, SUBSPESIALIS, MAGISTER KENOTARIATAN, ARSITEKTUR, ADMINISTRASI PUBLIK, SASTRA, FARMASI, LINGKUNGAN, KEPERAWATAN, SOSIAL POLITIK, PROFESI, PPDS, PPDGS). & SIMAK UI DOKTORAL.

Tips dan Trik Rahasia Lulus Seleksi Penerimaan PTN :

Hello sobat future eduthama dan akademi ui yang akan berjuang untuk SBMPTN dan UTBK, semangat terus sobat future !! bagaimana kabar persiapan sobat future? Apakah udah semakin mantap dengan TKPA atau TPS nya? Atau jangan-jangan semangatnya lagi pada kendur nih dengan keadaan adanya covid-19? Atau malah ada yang masih belum mulai juga?! Sobat future harus selalu semangat walupun keadaan tidak mendukung, dan kita jangan pernah kalah dengan keadaan yah sobat future, hehehe..

Untuk menemani sobat future dalam mempersiapkan diri buat tes masuk PTN, kita mau memberikan sedikit tips dan trik agar lolos ujian masuk PTN :

  1. Sobat future harus setia pada mimpi dan cita – cita (Berani mencoba, Fokus, dan lampaui batasmu)
  2. Sobat future wajib berani keluar dari zona nyaman, sobat future harus berani menjadi diri sendiri, menjadi pemimpin untuk diri sendiri dalam mengambil keputusan yang akan berdampak positif bagi masa depan, jangan mudah terpengaruh dengan lingkungan.
  3. Sobat future jangan menghafal tipe Soal yang beredar banyak di luar karena belum tentu soal soal yang itu yang akan keluar dalam saat ujian, tapi sobat future harus paham dengan konsepnya dan paham dengan rumus yang akan menjadi dasar pada tipe soal yang akan keluar seperti apa.
  4. Sobat future jangan terlalu cepat puas dengan nilai TO yah, karena balik lagi kamu harus paham semua konsep test seleksi setiap penerimaan, dan paham konsep soal soal seperti apa yang akan di ujikan.
  5. Bagian ini tidak kalah penting yaitu sobat future harus bisa memanfaatkan waktu dalam mewujudkan cita – cita, artinya kamu harus benar benar berjuang dulu pada saat awal, dan akhirnya akan indah.
  6. Bagaimana sobat future bisa masuk ke jurusan favorit yang memiliki daya saing tinggi? Hal pertama yang harus sobat future lakukan adalah memetakan tingkat persaingan. Cari PTN yang memiliki jurusan favorit namun lebih sedikit peminatnya.
  7. Jangan melihatnya dari passing grade atau akreditasi universitas, namun lihat dari rasio peminat dengan jumlah kursi yang tersedia. Untuk bisa tahu hal ini, sedikit banyak sobat future memang harus proaktif sendiri mencari tahu kandidat prodi yang sobat future minati.
  8. Jika sudah menemukan PTN dengan jurusan favorit yang akan sobat future ambil, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan peluang penerimaan di setiap jalur seleksi. Ini adalah tahap akhir yang bisa sobat future lakukan agar bisa diterima di jurusan favorit selain belajar dengan giat tentunya.
  9. Ada beberapa jalur yang bisa Anda lewati untuk bisa masuk ke PTN dengan jurusan favorit tersebut. SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri. Untuk jalur SNMPTN, sobat future hanya punya dua modal agar bisa lolos. Pertama adalah nilai rapor sobat future dan yang kedua adalah indeks sekolah asal sobat future.
  10. Satu-satunya cara untuk mengetahui peluang sobat future lewat jalur ini adalah melihat tren dari sejarah penerimaan SNMPTN sekolah Anda pada angkatan di atasnya. Sebagai contoh, bila tren di sekolah Anda di PTN yang Anda tuju adalah produk Teknik Kimia, bila Anda mengambil prodi yang sama, maka kemungkinan besar akan diterima.
  11. Namun, bagaimana bila jalur SNMPTN tidak berhasil? Anda bisa coba jalur SBMPTN tentunya. Hal yang harus Anda lakukan bila mau ikut ujian SBMPTN ini adalah prioritaskan universitas yang tidak ada opsi ujian mandirinya. Jadi, bila PTN pilihan Anda tak ada opsi ujian mandiri, ambil segera jalur ini.
  12. Tapi, bila prodi yang Anda ambil memiliki persaingan yang sangat ketat, ada baiknya Anda ambil ujian mandiri saja. Kenapa begitu? Sebab, tingkat persaingan di Ujian Mandiri relatif tidak seketat di jalur SBMPTN. Perlu Anda ingat, jangan malas belajar!
  13. Itulah beberapa jurusan favorit di Indonesia dengan daya saing tinggi yang bisa Anda ambil. Anda bisa memilih masuk PTN mana saja yang memiliki jurusan tersebut dengan memaksimalkan semua jalur yang ada.

Semoga bermanfaat tips dan triknya, jangan lupa selalu berlatih dan persiapkan diri temen – temen, dengan cara belajar sendiri atau bisa mengikuti persiapan bimbel masuk ptn, bimbel ptn, bimbel masuk ui, bimbel utbk, bimbel persiapan utbk, bimbel persiapan masuk ptn atau juga bisa dengan persiapan les privat ptn, les privat masuk ptn, les privat simak kki ui, les privat ui, les privat utbk, les privat ui.

Kategori: PTN

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *